Kamis, 11 Juni 2009

Minuman Mematikan

Kamis, 11 Juni 2009
Beberapa waktu yang lalu kita dikejutkan dengan beberapa kejadian yang tragis. Kejadian tersebut berawal dari minuman yang dikonsumsi baik secara pribadi maupun dalam pesta ‘minuman keras’. Akibatnya sebagian besar dari mereka tidak terselamatkan nyawanya. Kejadiannya bukan saja di satu tempat, tapi sudah terjadi di beberapa daerah di Indonesia.
Dari penelusuran penyidik dan instansi terkait, minuman tersebut ternyata minuman keras ‘palsu’. Dari pengakuan pembuat minuman keras palsu ternyata prosedur pembuatan, bahan dan alatnya tidak sesuai dengan standar pengolahan makanan minuman, bahkan banyak dicampur dengan bahan tambahan yang mematikan. Minuman keras yang asli saja berbahaya, apalagi yang palsu, pasti mematikan.
Masyarakat lagi-lagi harus memeriksa dan memastikan bahan makanan dan minuman yang akan dibeli, bila tidak kesehatan dan nyawa taruhannya. Baik untuk konsumsi diri sendiri, terlebih-lebih untuk anak, orang tua harus hati-hati.
Peristiwa tragis tersebut sesungguhnya bukan berdiri sendiri, sesungguhnya ada prilaku yang menyimpang dalam masyarakat kita. Prilaku tersebut, terutama dalam kasus ini adalah mencampur berbagai bahan dalam minuman agar saat pesta miras atau narkoba semakin ‘keras’. Dari berbagai kasus yang terjadi, hampir sebagian besar faktor kematian disebabkan prilaku yang menyimpang ini, istilahnya overdosis. Oleh karena itu, para orang tua dan masyarakat harus memperhatikan prilaku yang menyimpang ini, agar tidak terjadi pada keluarga yang kita sayangi.

Dr berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar